azanidianda.com

Dianda Azani, M.Psi., Psikolog

Apakah Anxiety Bisa Sembuh? Memahami Proses Penyembuhan Gangguan Kecemasan

Apakah Anxiety Bisa Sembuh

Anxiety atau kecemasan adalah emosi yang normal dialami oleh setiap orang. Namun, jika kecemasan dirasakan secara berlebihan dan mengganggu aktivitas sehari-hari, maka hal tersebut dapat dikategorikan sebagai gangguan kecemasan.

Gangguan kecemasan adalah kondisi kesehatan mental yang ditandai dengan perasaan cemas, khawatir, dan takut yang berlebihan. Gangguan kecemasan dapat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, mulai dari pekerjaan, hubungan sosial, hingga kesehatan fisik.

Anxiety jelas bisa disembuhkan, tentu saja dengan pengobatan dan penanganan yang tepat. Misalnya melakukan terapi dengan professional.

Baca juga: Jenis-jenis Kesulitan Belajar dan Penyebabnya

Penyebab dan Jenis-Jenis Anxiety

Apakah Anxiety Bisa Sembuh
Source Image: Freepik

Sebelum anda belajar bagaimana menyembuhkan kecemasan. Tentu paling tepat untuk mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebab dan jenis-jenis dari anxiety. Gangguan kecemasan dapat timbul dari kombinasi berbagai faktor.

Aspek genetik sering berperan penting, di mana individu yang memiliki anggota keluarga dengan riwayat gangguan kecemasan cenderung lebih berisiko untuk mengalaminya juga.

Lingkungan, termasuk pengalaman masa kecil, tekanan sosial, dan peristiwa traumatik, juga dapat memicu atau memperburuk gejala kecemasan.

Selain itu, sejarah kesehatan mental individu, seperti adanya gangguan mood atau stres berkepanjangan, juga dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan kecemasan.

Adapun jenis-jenis gangguan kecemasan itu sendiri sangat beragam.

Gangguan panik, misalnya, ditandai dengan serangan panik yang mendadak dan intens, sering disertai dengan rasa takut akan kematian atau kehilangan kontrol.

Fobia spesifik adalah ketakutan yang berlebihan terhadap objek atau situasi tertentu, seperti ketakutan terhadap tinggi, hewan, atau terbang.

Gangguan kecemasan sosial, di sisi lain, adalah ketakutan yang intens terhadap situasi sosial atau kinerja di depan umum, di mana individu merasa sangat khawatir akan dinilai atau dipermalukan.

Obsessive Compulsive Disorder (OCD), Pikiran, gambaran, atau dorongan yang berulang dan tidak diinginkan yang sering menimbulkan kecemasan atau ketidaknyamanan dikenal sebagai obsesi. Perilaku atau tindakan mental yang berulang kali dilakukan sebagai tanggapan terhadap obsesi atau karena aturan yang harus diikuti secara ketat dikenal sebagai impulsi. 

Setiap jenis gangguan kecemasan ini memiliki karakteristik uniknya sendiri dan memerlukan pendekatan pengobatan yang disesuaikan. Kecemasan dapat disebabkan interaksi dengan lingkungan, atau pola interaksi yang berkembang sejak masa kecil, dimulai dari pola kelekatan/attachment dengan orangtua. 

Tipe ambivalent atau avoidant attachment yang dikembangkan dari pola asuh seperti permisif, otoritarian dan neglected cenderung memberi efek pada kondisi cemas.

Baca juga: Attachment Adalah: Memahami Ikatan Emosional dalam Psikologi

Cara Menyembuhkan Anxiety Disorder

Apakah Anxiety Bisa Sembuh
Source Image: Freepik

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan gangguan kecemasan.

1. Terapi dan Konseling

Salah satu langkah penting dalam menyembuhkan anxiety adalah melalui terapi psikologis. Terapi kognitif perilaku (CBT) adalah salah satu metode yang efektif, di mana pasien diajarkan untuk mengenali dan mengubah pola pikir negatif.

2. Penggunaan Obat-obatan

Obat-obatan seperti antidepresan dan anxiolytic dapat diresepkan oleh dokter untuk membantu mengurangi gejala. Penggunaan obat harus di bawah pengawasan medis yang ketat.

3. Gaya Hidup Sehat

Menerapkan gaya hidup sehat juga penting dalam proses penyembuhan. Ini termasuk olahraga teratur, diet seimbang, tidur yang cukup, dan menghindari alkohol serta zat adiktif lainnya.

Baca juga: Mengenal Anxiety, Penyebab Bagaimana Mengatasinya

Yang Harus Dilakukan Sembari Melakukan Penyembuhan

Apakah Anxiety Bisa Sembuh
Source Image: Freepik

Proses menyembuhkan gangguan kecemasan tidaklah instan. Butuh waktu dan Kerjasama yang baik antara anda dan terapis yang membantu. Untuk itu ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan sembari melakukan proses penyembuhan.

1. Dukungan Sosial

Memiliki dukungan dari keluarga dan teman dapat memberikan dampak positif dalam proses penyembuhan. Berbagi perasaan dengan orang yang dipercaya bisa meringankan beban emosional.

2. Teknik Relaksasi

Teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau deep breathing exercises dapat membantu mengurangi gejala kecemasan.

Meskipun proses penyembuhan bisa berbeda-beda untuk setiap individu, gangguan kecemasan bisa sembuh dengan kombinasi pengobatan yang tepat, dukungan sosial, dan perubahan gaya hidup. Penting untuk mencari bantuan profesional jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami gejala kecemasan yang serius.

Baca juga: Konsultasi anak dengan Psikolog, apa yang perlu disiapkan?

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *